Festival Gunung Slamet 3 dan Serang Highland

Festival Gunung Slamet lanjut Camp di Serang Highland

Haloo temen-temen semuanya... Kali ini aku mau berbagai secuil pengalaman di Festival Gunung Slamet (FGS) 3, di Desa Serang, Karangreja. Purbalingga. Jadi kegiatan FGS ini merupakan kegiatan rutin tiap tahun dan tahun 2017 ini merupakan tahun ketiga penyelenggaraan FGS.
Acara FGS 3 dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 21-23 September 2017 dan kegiatan awal dimulai dengan pengambilan air Sikopyah di daerah Wisata Alam Pudang Mas Serang menggunakan Lodong, yaitu bambu yang dipotong dengan panjang sekitar 1,5 m yang kemudian diarak oleh warga sekitar menuju ke Balai Desa Serang yang kemudian di diamkan selama 2 hari, setelah itu kegiatan selanjutnya ada lomba masak yang kemudian dilanjutkan hiburan tek –tek dan malamnya dilanjut dengan acara hiburan (keroncong) dan sambung rasa (semua kegiatan dilaksanakan di Lembah Asri Serang).

Lodong

Untuk hari ke 2 ada acara perang tomat, perang tomat ini merupakan ungkapan rasa syukur atas melimpahnya tomat yang ada di daerah Serang, dan perlu diketahui juga tomat yang digunakan ini merupakan tomat yang sudah tidak layak dan ada peraturan tidak boleh mengenai kepala. Sebelum acara perang tomat dimulai ada hiburan tek-tek. Kemudian acara dilanjutkan dengan penanaman pohon di beberapa desa di Kec. di Karangreja dan selanjutnya ada pertunjukan kuda lumping. Malam harinya ada pertunjukan dari artis Ibu Kota, untuk tahun ini ada Pongki Barata yang memeriahkan acara dan ada beberapa bintang tamu lainnya. Acarany seru banget!!!! Petjaah pokoknya ditambah lagi Pongki mau berbaur dengan penonton. Berhubung acaranya sampai jam 12 malam kita memutuskan untuk camp di Serang Highland dan disini sudah disediakan tenda transparan (jadi buat temen-temen yang g mau ribet bawa perlengkapan dan g mau ribet pasang tenda disini sudah disediakan) untuk kapasitas 2 – 3 orang dengan kasur busa dan 2 Sleeping Bag dengan biaya sewa permalam Rp 100.000 (kalo g salah) disini juga ada kantinnya (harganya ga terlalu mahal ko, masih terjangkau tapi kantinnya ga 24 jam) dan yang pengen ke toilet disini juga disediakan kamar mandi, terus kalau yang mau sekedar bobo bobo cantik di siang bolong biayanya Rp 10.000 untuk 30 menit (disiang hari). O ya kalau ada yang pengen ngecamp di tenda transparan sebaiknya hubungi dulu pihak sana ya, soalnya tendanya terbatas. Sensasi tidur di tenda transparan,seru, asik, bawahnya g dingin soalnya pake kasur yang lumayan empuk dan tebel jadi lumayan ga dingin. Di Serang Highland selain digunakan untuk tempat camping disini juga ada wahana Giant Swing dan Outbound dan yang pada suka swa foto disini juga ada selfie decknya.
Pada tau semua kan lokasi Serang Highland dimana???? Bagi yang belum tau, Serang Highland itu lokasinya setelah Rest area atau Lembah Asri Serang sebelum pinusan, dipinggir jalan ada tulisannya. Kalau arah dari Purbalingga kota, kalian ke arah Owabong, nah masih lurus terus kearah Desa Serang (Cek lokasi sama kaya Ke Bukit Mertelu https://tamtamimainsebentar.blogspot.co.id/2017/07/bukit-mertelu.html), cuma kalau ke Serang Highland masih lurus lagi.

Perang Tomat

Akustik Gunung FGS

FGS Akustik Gunung

Tenda Transparan
Lanjut lagi dengan acara FGS 3, untuk hari ketiga acaranya ada pawai budaya dan pembagian air sikopyah (klo ada yang pengen ngambil airnya, bawa tempat minum sendiri sendiri ya) serta ada gunungan sayuran (para warga rebutan buat ngambilin tuh sayur) dan malamnya ada wayang sebagai acara penutup dan dilanjut dengan pendakian ke Wadas Gantung (Pos 1 Gn. Slamet via gunung malang). 

Itu secuil pengalaman di FGS 3 berharap FGS tahun selanjutnya lebih meriah dan untuk harga tiket perharinya khususnya untuk acara malam yang mendatangkan artis ibu kota semoga dapat terpublikasi dengan jelas syukur syukur gratis kaya di FGS 2 *ngarepdikitbolehdonk :D

Terimakasih sudah membaca, apabila ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar.
Cek ig @auliafusi

Komentar

Postingan Populer