Backpacker ke Malaysia Part 3

Liburan hemat ke KL


Hari ke 3 !!!


Patung Dewa Murugan


Siap siap jalan kaki lagi, setelah sarapan pake mie (merknya mamee), kita otw ke KL Sentral buat tujuan pertama kita pada hari ini ke Batu Caves, kita ke Batu Caves naik KRL, dan akhirnya ini kartu berguna lagi, bayarnya sekitar 2,40 RM. Perjalanan sekitar 30-45  menit. Setelah sampai di st. batu caves, kita jalan kaki keluar stasiun kearah kanan untuk ke gerbang utama/pintu masuk batu caves, butuh waktu dengan jalan kaki sekitar 10-15 menit. Dan disini masih lumayan sepi, blm terlalu rame, ada patung Hindu Dewa Murugan setinggi 42,7m dan setiap tahunnya untuk perayaan Thaipusam, penganut Agama Hindu dari seluruh dunia datang kesini. Ada 3 buah gua utama dan gua gua kecil lainnya, untuk ke gua kita menaiki sekitar 272 anak tangga, tapi karena kita ngejar waktu dan ngirit tenaga jadi kita ga naik (semakin siang semakin rame), disini banyak burung merpati, dan monyet berkeliran, so kalian harus hati-hati ya. Untuk wisatawan yang berpakaian mini, untuk masuk ke goanya, kalian diharuskan menyewa kain. Masuk kesini kalian GRATIS !!!!
 







dibelakang ada 272 anak tangga
Jam sudah menunjukkan pukul 09.30 saatnya balik ke st.batu caves. Kita naik kereta jam 11, transit dulu ke Sentul dan melanjutkan pakai bis gratis buat ke KL Sentral. Sampai di KL Sentral pukul 11.40 dan langsung ke shelter bis ke arah Genting. Perjalanan kearah genting, sesuatu banget jalanannya, belak belok, tapi jalanannya luas bahkan ada pembatas jalannya.  Perjalanan kesini sekitar 1-2 jam, sampai di genting kita antri, buat naik gondola yang katanya gondola terpanjang se-Asia Tenggara, panjangnya 3,8KM, dengan ketinggian sekitar 1,800m. Btw kalau kalian kesini pake baju yang hangat ya, soalnya dingin pisaaaan.  Antrinya panjang banget, setiap gondola bisa diisi maks.10 orang dan pas kita naik isinya cuma 6 orang termasuk kita. Oiya gondolanya ada 2 jenis, ada yang bawahnya kaca ada yang biasa. Nah kita gondola yang biasa (btw untuk tiket ke Genting dari KL sentral harganya sekitar 27.8 RM, itu sudah sama tiket PP bis dan naik gondola ya).
Naik Gondolanya ada stasiun pemberhentiannya udah kek kereta :D, yang pertama chin swee dan yang ke 2 di mall sky avenue. Kita berhenti di chin swee, disini ada kuil umat Budha, dan patung Budha, yang gede. Oiya btw kalau mau ke kuil ini, kita nglewatin sekitar 4 eskalator (beruntungnya pakai eskalator, amaaan kaki ga capek dan gempor, buat naik atau turun tangga :D).




Setelah jepret-jepret kita lanjut ke sky avenue, naik gondola lagi, dan antri lagi. Demi apapun, sebenernya saia takut ketinggian, wkwkwk, gilaaaaaak tinggi banget, semakin naik aja ini gondola, berdoa terus dalam hati. Semakin tinggi dan ada kabutny !!!! Sepanjang perjalanan, kita disuguhkan view yang Masya Allah, keren banget ! walaupun dalam hati dag dig dug ga karuan tapi ini keren sii, jangan lupa lah kalau kalian ke KL mampir kesini.

Ok sampai di Sky Avenue, anginnya kenceng bangeeet ! saia katroo :D, baru tau ada mall di atas dataran tinggi, daaan mallnya itu amazing banget, banyak game disini, katany ini Kasino Las Vegasnya Malaysia, dan banyak barang branded disini, ga heran kalau setelah dari sini, oang-orang yang naik gondola bawa tentengan tas belanjaan :D. kita ga turun ke lantai bawah buat jalan jalan ke mall, tapi langsung antri naik gondola :D buat turun ke bawah, ngejar waktu siiis, buat balik lagi ke shelter bis. Dan Alhamdulillah, karena kita naik gondola yang biasa, antriannya g panjang (gondola biasa disini tersedia banyak, tapi untuk gondola yang kaca jumlahnya cuma beberapa aja). Oke senam jantung lagi :D, gondolanya isinya hanya ber 3, daaaan ternyata kabutnya makin tebel, tapi setelah melewati pemberhentian chin swee, kabut udah ga ada, dan finally, kita sampai di bawah pukul set.4an, dan langsung cari tempat makan halal, nyoba roaster chicken, enaaak ko Alhamdulillah ga zonk, harga sekitar 24 RM itu udah termasuk air mineral ya. Setelah itu jam set.5 kita ke shelter bis buat balik lagi ke KL Sentral, nyoba nego bisa ikut ga naik bus yang jam set.5 karena tiket kita jam 5, daaan ternyata Alhamdulilah bisa karena masih ada kursi kosong di bis itu. Sampai di KL Sentral, akhirnya kita lanjut ke dataran merdeka naik LRT lagiiii, dan dilanjut jalan kaki, setelah itu kita ke Central Market buat beli oleh-oleh trus nyobain cendol durian runtuh chow kit, seharga 13 RM, daan ini enaaaaaak, duriannya banyaaak. Setelah itu balik ke hotel naik grab, dan packing ! 2 hari penuh dengan jalan kaki, wkwkwkkw, jangan lupa bawa count*rpa*n :D.

antri naik Gondola


Chin Swee Temple

Hari ke 4 !
Hari terakhir disini, kita mutusin ga kemana-mana, udah capek, kaki udah pegel. Kalaupun mau jalan-jalan mending di bandara aja, karena bandaranya kaya mall, check out dari hotel sekitar jam set.9an, dan ternyata Alhamdulillah pas sampe di KL sentral ada bis yang mau ke KLIA2, jadi kita langsung aja berangkat, sampai disana sekitar jam set. 11an, ngurus bagasi dulu, abis itu makaaaan. Daaan jangan lupa, pengecekan imigrasi disini antrinya panjang kali lebaaaaar, karena ini bandara buat tempat transit ke Negara lain juga. Jadi buat jaga-jaga kalian, kasih waktu 2 jam untuk pengecekan imigrasi. Buat yang mau beli oleh” lagi bisa ko di Bandara dan harganya juga g terlalu mahal, (aku mampir di jaya grocer sblm pengecekan imigrasi).
Total harga selama perjalanan sekitar RP 3.850.000 (termasuk tiket pesawat PP + bagasi pulang 20kg dibagi 2 orang, hotel selama 3 hari & sewa wifi selama 4 hari Rp 1.908.500, untuk makan + jajan selama 4 hari 3 malem sekitar 700-800 ribu , nah sisanya tinggal dikurangin tuh buat transportasi selama disana, tiket wisata & oleh” sekedarnya ).

Perjalanan kali ini, kita memang fokus ke tempat wisatanya dan menikmati transportasi public disana, kulinernya tetep ada tapi cuma beberapa aja, untuk oleh-oleh cuma bawa beberapa aja, yang enak setelah saia cicipin sii kitket sama beryl yang tiramisu recommend buat oleh-oleh, tapi kalo mau milo, teh Tarik, eureka, mie mamee, dsb. Okee lah :D
cuma inget BAGASI pesawat kalian ya gaes :D
Semoga blog ini dapat membantu perjalanan kalian !!! Aamiin 





Dataran Merdeka

Komentar

Postingan Populer